Penjelasan Metode Kumon Dan Keistimewaannya

5:12 PM

Sumber : Google Image & id.kumonglobal.com













Di Kumon, kami berdedikasi untuk sepenuhnya menggali potensi pada setiap individu siswa. Pembimbing Kumon memberikan bimbingan yang cukup pada siswa-siswa agar dapat mengerjakan soal-soal dengan kemampuan mereka sendiri. Hasilnya siswa-siswa tersebut mengerti bahwa mereka dapat mengerjakan sesuatu jika mereka mau mencobanya, membangun rasa percaya diri, dan mengembangkan kemampuan untuk menerima tantangan baru bagi diri mereka sendiri.
Kumon bertujuan untuk membentuk individu yang handal dan cakap yang dapat menentukan jalan hidupnya sendiri.

Di Kumon hal yang paling bermanfaat yang dapat kami lakukan dalam kehidupan mereka adalah membekali mereka dengan kemampuan untuk maju ke materi pelajaran SMA dengan belajar secara mandiri sesegera mungkin.

Dengan Metode Kumon, siswa-siswa belajar secara mandiri sejak usia dini dan mengembangkan baik tingkat kemampuan akademik yang tinggi maupun kemampuan untuk belajar secara mandiri, atau yang di Kumon lebih dikenal sebagai kemampuan "belajar secara mandiri". Hasilnya anak-anak yang telah menyelesaikan Kumon, saat mereka dewasa dan kemudian masuk ke dunia kerja, mereka mampu memikirkan sendiri solusi walaupun mereka menghadapi tantangan yang sulit. Kemampuan-kemampuan yang diperoleh siswa pada saat mengerjakan Kumon akan senantiasa membantu mereka mencapai tujuan dan impian-impiannya.

Metode Kumon lahir dari cinta orang tua terhadap anaknya.

Pada saat pertama kali mengembangkan Metode Kumon, pendirinya yaitu Toru Kumon mempunyai teori bahwa selama putranya dapat mengerjakan matematika SMA dengan mudah, dia akan mempunyai banyak waktu untuk mengerjakan hal-hal lain yang disukainya. Oleh karena itu beliau memikirkan yang dapat beliau lakukan di rumah untuk membantu putranya dalam mendapatkan kemampuan Matematika SMA.

Dengan tujuan untuk membantu putranya dapat mandiri, Toru Kumon mempersiapkan sendiri materi-materi pembelajaran dan metode belajarnya. Beliau menulis soal-soal hitungan pada selembar kertas terpisah dan kemudian menggabungkannya dengan metode belajar mandiri yang memungkinkan putranya untuk maju dengan kemampuannya sendiri.

Sebenarnya yang dilakukan Toru Kumon adalah menciptakan bentuk dasar untuk pendidikan Metode Kumon. Beliau telah meletakkan dasar pendekatan bimbingan perseorangan yang memungkinkan setiap siswa untuk belajar yang sesuai dengan kemampuan akademiknya dan untuk menggali potensinya; kedua hal tersebut yang terus kami junjung tinggi.

Dengan Metode Kumon, siswa-siswa belajar dari titik pangkal yang tepat bagi setiap tingkat kemampuan siswa, tanpa mempertimbangkan usia atau tingkatan kelas mereka.

Dengan Metode Kumon, siswa-siswa belajar mengerjakan lembar kerjanyanya dengan mandiri tanpa perlu diajari.

Jika siswa mulai belajar pada titik pangkal yang mudah mereka kerjakan, tanpa membuat penilaian berdasarkan pada usia atau tingkatan sekolahnya, akan memungkinkan mereka merasakan kesenangan dalam belajar. Sebagai contoh, jika mereka dapat belajar dengan mudah maka siswa-siswa dapat mengerjakan sendiri lembar kerjanya, mereka mendapatkan nilai 100, mereka senang belajar, dan mereka dapat maju ke lembar kerja yang berikutnya tanpa kesulitan. Oleh karena itu titik pangkal yang tepat sangat penting dalam membentuk dasar yang kuat untuk belajar dan meningkatkan kemampuan akademik secara mandiri.

Di Kumon, siswa dapat mengembangkan kemampuan akademik yang tinggi dan kemampuan belajar mandiri dengan memastikan bahwa mereka akan selalu belajar pada tingkatan yang "tepat" untuk mereka.

Lalu apakah belajar pada "tingkatan yang tepat"? Itu adalah tingkatan yang optimal untuk setiap siswa guna mengembangkan kemampuan akademik dan kemampuan belajar mandiri. Itu bisa menjadi tingkatan yang mudah atau yang menantang, tergantung pada apa yang terbaik untuk setiap siswa pada tahapan yang berbeda di Kumon. Satu hal yang tetap adalah siswa harus selalu berada pada tingkatan yang memungkinkan siswa tersebut untuk dapat mengulang perasaan berhasil (sense of accomplishment) dan maju dengan kemampuan mereka sendiri tanpa diajarkan. Harus selalu diingat, Pembimbing Kumon terus mendorong siswa untuk berkembang dan secara bertahap meningkatkan tingkat kesulitan lembar kerja yang diberikan sambil mempertimbangkan kenaikan kemampuan akademik setiap siswa.

Ketika belajar pada "tingkatan yang tepat", siswa akan mendapat stimulus otak yang cukup seperti halnya ketika mereka melakukan latihan fisik untuk membangun tubuh yang sehat. Dengan belajar yang berkelanjutan pada tingkatan ini, siswa akan memperoleh rasa percaya diri dan pemahaman bahwa mereka dapat mengerjakan sesuatu jika mereka mau mencobanya dan hal itu akan membantunya membangun tingkat akademik yang tinggi.

Metode Kumon bertujuan agar siswa-siswa dapat melampaui tingkatan kelasnya dengan belajar mandiri dan maju ke bahan pelajaran SMA sedini mungkin.

Ketika belajar pada "tingkatan yang tepat" siswa akan berpikir dan menyelesaikan sendiri soal-soalnya. Pada saat mereka kesulitan, mereka akan melihat petunjuk dan juga contoh soal yang terdapat di lembar kerja dan mengetahui sendiri cara mengerjakannya. Dengan begitu, terus belajar pada "tingkatan yang tepat" mengembangkan kemampuannya untuk belajar sendiri atau yang kita kenal di Kumon dengan ,"belajar mandiri".

Siswa menggunakan kemampuan belajar mandiri untuk maju dengan kemampuannya sendiri melampaui tingkatan kelasnya ke tingkat yang lebih tinggi dan lebih sulit.

Belajar dengan Kumon memungkinkan siswa untuk maju ke materi pelajaran SMA pada usia dini.

Kesimpulannya Metode Kumon adalah metode belajar yang menggali potensi setiap individu siswa dan mengembangkan kemampuannya secara maksimal.
Di Kumon kami percaya pada potensi siswa yang sangat besar dan kami ingin lebih jauh mengembangkan kemampuan setiap siswa. Dilahirkan dari ikatan antara orang tua dan anak, Metode belajar Kumon senantiasa melanjutkan pemikiran dan ide dari pendirinya, Toru Kumon. Pada saat yang bersamaan, kami terus berjuang untuk sesuatu yang lebih baik lagi dengan terus mengembangkan lembar kerja dan metode bimbingan kami. Saat ini metode belajar ini terus maju melampaui batas negara, ras, budaya dan tradisi untuk mencapai lebih banyak negara dan region di seluruh penjuru dunia.

Dilansir Dari id.kumonglobal.com

You Might Also Like

0 komentar